Balita di DKI Bakal Segera Dapat Vaksin Covid-19

Kadis Kesehatan DKI Jakarta, Widyawati @facebok - Balita di DKI Bakal Segera Dapat Vaksin Covid-19
Kadis Kesehatan DKI Jakarta, Widyawati @facebok

Reporter: Deny | Editor: Tama

TitikKata.com - Dinas Kesehatan DKI Jakarta tengah mematangkan kesiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 balita atau anak usia 6 bulan hingga 4 tahun. Teknik pelaksanaan hingga persiapan tenaga medis pada tingkat puskesmas.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terlebih dahulu telah memberikan izin darurat vaksinasi covid-19 bagi kelompok usia 6 bulan - 4 tahun dan usia 5 - 11 tahun.

"Konsep-konsep (pelaksanaannya) sedang kita atur," ucap Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti, Rabu (28/12/2022).

Berhubung masih dalam proses persiapan, ia mengutarakan, masyarakat supaya menunggu informasi lebih lanjut kapan program tersebut mulai bergulir. Namun hampir dipastikan waktunya tidak lama lagi, mengingat tahap distribusi stok vaksin Covid-16 balita usia 6 bulan - 4 tahun sebentar lagi diterima Pemprov DKI Jakarta.

"DKI Jakarta tentunya akan mendapatkan stok vaksin yang diperuntukkan bagi kelompok usia 6 bulan - 4 tahun," ujar Widyastuti.

Dikatakan lebih lanjut, berbarengan dengan tahap persiapan, sosialisasi program terkait saat ini sudah dinilai penting dilakukan. Hal ini dibutuhkan peran dari seluruh masyarakat supaya capaian program vaksinasi mendapat capaian yang maksimal.

"(Program vaksinasi balita di Jakarta) perlu disampaikan (disosialisasikan). Peran media juga penting," bebernya. 

Sementara, teknis pemberian vaksin Covid-19 kelompok anak usia 6 bulan - 4 tahun dilakukan dalam tiga dosis pemberian. Dua dosis pertama diberikan dalam rentang waktu tiga minggu. Diikuti dengan dosis ketiga yang diberikan setidaknya delapan minggu setelah dosis kedua.

Lalu, untuk vaksinasi covid-19 bagi kelompok usia 5-11 tahun diberikan dalam dua dosis dengan rentang waktu tiga minggu antara dosis pertama dan kedua.

Baca Berita Menarik Lainnya Di Sini

Bagikan: