Buruan, Daftar Haji di Tangsel Antri Sampai 27 Tahun

Bahtra, Kasi Penyelagaraan Haji dan Umroh Kemenag Tangsel @ Cnc - Buruan, Daftar Haji di Tangsel Antri Sampai 27 Tahun
Bahtra, Kasi Penyelagaraan Haji dan Umroh Kemenag Tangsel @ Cnc

Reporter: Cnc | Editor: Tama

TitikKata.com - Ribuan warga Tangerang Selatan, terdata mendaftar sebagai calon haji setiap tahunnya. Pada tahun 2023 ini saja, antrian calon haji di Tangsel, mencapai 27 tahun untuk bisa beribadah ke tanah suci  Mekah.

Kepala Seksie Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangsel, Bahtra, menegaskan bahwa antrian haji untuk tahun 2023 ini, mencapai 27 tahun agar bisa berangkat haji ke tanah suci.

“Untuk tahun 2022 ini saja yang telah terdaftar sebanyak 2.301 calon haji. Kalau rata-rata pendaftar haji yang terdaftar ke kantor per harinya antara 9 sampai 11 orang,” jelas Kasie PHU Kemenag Tangsel, Bahtra, ditemui Kamis (12/1/2023). 

Dia menyebut, berdasarkan data terakhir ada sekitar 30 ribu lebih jemaah calon haji terdaftar di Kantor Kemenag Tangsel. Dari jumlah itu, belum dapat dipastikan berapa kuota calon haji yang diberangkatkan untuk kuota tahun 2023 ini. 

“Tahun 2023 ini Kota Tangsel, belum ada informasi. Nanti dikirim melalui Kanwil Kemenag Provinsi Banten, kalau secara nasional total 221 ribuan jemaah. Tahun lalu kita berangkatkan 626 jemaah, semua berangkat dan semuanya pulang dengan selamat,” terang Bahtra. 

Berdasarka data pendaftar calon haji sekitar 30 ribuan jemaah, maka antrian haji di Tangsel, mencapai 27 tahun.

“Artinya kalau jemaah mendaftar hari ini, antriannya sampai 27 tahun kedepan. Untuk rentang usia pendaftar saat ini kebanyakan usia produktif antara 40-50 tahun dan usia diatas 60 tahun masih ada namun jumlahnya relatif engga banyak,” kata Bahtra. 

Dia merinci, untuk pendaftaran calon haji usia minimal pendaftar adalah 12 tahun tanpa batasan umur maksimal. Bahtra mengungkap, mulai tahun 2023 ini Pemerintah Arab Saudi, telah mengizinkan semua usia berangkat haji dengan syarat telah vaksin lengkap dan sehat jasmani dan rohani.  

“Tahun ini tidak ada batasan usia oleh Pemerintah Arab Saudi, jadi usia 60,65 bisa daftar sampai usia 99 tahun pun silahkan. Syarat hanya vaksin lengkap, melunasi ongkos naik haji, dia bisa berangkat. Ketika berangkat dia sehat jasmani dan rohani,” tegasnya.


Baca Berita Menarik Lainnya Di Sini

Bagikan: