Loka POM Tangerang Tingkatkan Pengawasan Produk Makanan Jelang Nataru

Pengecekan bahan makanan di gudang produksi makanan di Tangerang - Loka POM Tangerang Tingkatkan Pengawasan Produk Makanan Jelang Nataru
Pengecekan bahan makanan di gudang produksi makanan di Tangerang

Reporter: Cnc | Editor: Tama

TitikKata.com - Konsumsi masyarakat di periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), diperkirakan akan mengalami peningkatan. Untuk itu, pemerintah melalui Loka Pengawasan Obat dan Makanan (Loka POM) Tangerang, berupaya memastikan keamanan produk pangan yang beredar di periode tersebut, dengan menggencarkan inspeksi mendadak (sidak) pasar. 

Kepala Loka POM Tangerang, Sony, menegaskan akan meningkatkan pengawasan keamanan terhadap produk pangan di pasar tradisional dan ritel modern menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

"Untuk kegiatan TIPD dengan Bupati Tangerang kita akan laksanakan pada Desember ini, khususnya terkait peningkatan keamanan pangan di pasaran jelang Natal dan Tahun Baru," kata Kepala Loka POM Kabupaten Tangerang, Sony, Kamis (15/12/2022).

Dia menerangkan operasi pengawasan terhadap produk pangan menjelang Nataru, dilakukan sebagai upaya pencegahan beredarnya produk pangan mengandung bahan kimia berbahaya atau telah habis masa berlaku aman untuk dikonsumsi atau kedaluwarsa.

"Biasanya harga mulai naik kalau mendekati Natal dan Tahun Baru, kami ikut serta dalam pengawasan keamanan pangannya. Nanti kami akan ada pengujian produk-produk di pasar (mie, tahu, ikan, kerupuk) untuk melihat apakah ada yang mengandung bahan dilarang seperti formalin, boraks, dan pewarna tekstil rhodamin B dan Metanil Yellow," jelas dia.

Sony berharap, dengan peningkatan pengawasan terhadap bahan konsumsi tersebut, masyarakat menjadi lebih tenang dalam membeli produk panganan yang beredar di pasaran. 

"Produk mengandung bahan dilarang akan diamankan oleh petugas dan  pedagang akan dilakukan pembinaan agar tidak menjual kembali produk-produk yang mengandung bahan dilarang itu," tandas dia.


Baca Berita Menarik Lainnya Di Sini

Bagikan: