Mengadopsi RSP Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta, RSUD NTB Berhasil Lakukan Operasi Jantung Terbuka

Pelaksanaan Operasi Jantung Terbuka RSUD NTB - Mengadopsi RSP Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta, RSUD NTB Berhasil Lakukan Operasi Jantung Terbuka
Pelaksanaan Operasi Jantung Terbuka RSUD NTB

Reporter: Cnc | Editor: Tama

TitikKata.com RSUD Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), berhasil melaksanakan operasi jantung terbuka pertama. Keberhasilan ini merupakan bagian dari upaya transfer ilmu pengetahuan dan pengalaman dokter  dari RS Pusat Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Jakarta.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, menegaskan dengan keberhasilan itu diharapkan layanan jantung di NTB bisa mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat penyakit tersebut, di wilayah Timur Indonesia. 

''Saya bangga sekali, ini merupakan salah satu provinsi di luar Jawa yang maju. Saya doakan semoga RSUD NTB bisa terus maju bukan hanya di layanan jantung tapi juga di layanan stroke, kanker, dan juga yang terkait dengan ginjal,'' ungkap Menkes Budi Gunadi, saat konferensi pers operasi jantung terbuka pertama, Jumat (16/12).

Operasi jantung terbuka adalah operasi jantung yang menggunakan heart lung machine. Operasi ini dilakukan dengan menjadikan fungsi jantung dan fungsi paru diambil alih oleh mesin. Prosesnya dilakukan dengan membuka dada pasien untuk memasangkan saluran-saluran dari mesin ke jantung.

Direktur RSUD NTB, Lalu Herman Mahaputra, mengungkapkan keberhasilan operasi jantung terbuka pertama di RSUD NTB ini berkat adanya program dari Menkes Budi Gunadi Sadikin, terkait jejaring pengampuan layanan spesialis jantung di 34 provinsi.

Operasi jantung terbuka ini dilakukan dengan supervisi dari dokter spesialis jantung dari RS Pusat Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta, sebagai pengampu layanan jantung di Indonesia.

''Tentunya dengan bantuan teman-teman dari RS Harapan Kita Insya Allah ke depan RSUD Provinsi NTB bisa mandiri dan kami juga RSUD Provinsi NTB nantinya akan memberikan pengampuan kepada rumah sakit-rumah sakit sekitar,'' ungkap Lalu Herman.

Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan keberhasilan operasi jantung terbuka merupakan kerja nyata dari teman-teman RS Pusat Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta, atas transfer ilmu dan pendampingan tindakan medis untuk operasi jantung terbuka.

''Kami harapkan setelah dilakukan operasi dan beberapa kali pendampingan nantinya RSUD NTB bisa melakukan operasi jantung terbuka secara mandiri dan bisa melakukan pelayanan kepada masyarakat di NTB sehingga tidak perlu lagi rujukan ke luar NTB,'' ucap Dante.

Pengampuan ini akan dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia sehingga pelayanan jantung menjadi lebih komprehensif dan angka kematian akibat penyakit jantung bisa diturunkan. Beberapa hal masih harus dipersiapkan salah satunya adalah sarana dan prasarana yang harus didukung.

Tapi yang tidak kalah pentingnya, menurutnya, adalah SDM nya yaitu tenaga ahli bedah jantung.

''Mudah-mudahan ke depan saya harapkan kita bisa bersama-sama melakukan operasi ini di tempat-tempat lain dan saya ucapkan selamat kepada tim dokter RS Pusat Jantung Harapan Kita bersama RSUD NTB yang pada hari ini sudah sukses melakukan suatu operasi dan nanti akan ada lagi satu operasi lagi. Mudah-mudahan juga sukses operasinya dan pasien bisa pulang dengan kondisi klinis yang lebih baik,'' terang Dante.

Gubernur NTB yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr. Lalu Hamzi Fikri, MM, MARS mengharapkan dibukanya layanan jantung paripurna ini  dapat mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat masalah penyakit jantung

''Harapan terbesar kami adalah masyarakat NTB dapat dilayani di daerah sendiri tanpa harus dirujuk keluar daerah sehingga tentunya dapat meningkatkan kenyamanan bagi pasien-pasien kita di seluruh NTB,'' kata dia.


Baca Berita Menarik Lainnya Di Sini

Bagikan: