Persiapkan Imlek, Vihara Tri Dharma Suci Bersolek

Persiapan Perayaan Tahun Baru Imlek Vihara Tri Darma Suci, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang @ Mimi - Persiapkan Imlek, Vihara Tri Dharma Suci Bersolek
Persiapan Perayaan Tahun Baru Imlek Vihara Tri Darma Suci, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang @ Mimi

Reporter: Mimi | Editor: Tama

TitikKata.com - Menyambut tahun baru Imlek 2574 bertepatan pada 22 Januari 2023. Vihara Tri Dharma Suci, mulai berbenah dengan melakukan sejumlah pembaruan pada sejumlah ornamen dan pernak-pernik menyambut datangnya tahun baru kelinci besi tersebut.

Vihara yang berada di Desa Sodong, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang itu, terlihat memperbarui sejumlah lampion, kertas merah sajak dan kartu Fu yang terlihat mulai kusam. Tidak saja pada ornamen dan pernak-pernik kemeriahan Imlek, cat tembok bangunan Vihara yang kusam juga mulai dibersihkan para pelayan umat.  

Dewi, salah seorang petugas Vihara menerangkan bahwa pergantian beberapa ornamen yang dilakukan di Vihara tersebut memiliki arti tersendiri. Misalnya pergantian lampion,sebab menurut Dewi, tidak semua orang bisa mengganti lampion dengan benar. Hal ini karena, simbol lampion bermakna sebagai kesucian dan bersihnya hati umat Tionghoa.

"Lampion itu sama seperti buah manggis, bintik di luarnya harus sama dengan jumlah isi di dalamnya. Mangkanya, yang bisa ganti lampion itu hatinya harus bersih. Ibaratnya, jiwa dan hatinya harus bersatu, supaya bersih dan menyambut pwrayaan tahun baru," terang Dewi, Selasa (17/1/2022).

Dewi menuturkan, Vihara Tri Dharma Suci tidak memiliki kegiatan khusus pada saat perayaan Imlek. Namun setiap tahun, Vihara ini menjadi pilihan masyarakat setempat untuk melangsungkan ibadah karena tidak terlalu ramai dan bisa khusyuk beribadah.

"Setiap tahun kita melaksanakan ibadah tahunan, biasanya jamaat selalu membawa keluarga ada yang mudik kesini karena memang lokasi disni sepi dan bisa khusyuk beribadah," pungkasnya. 

Untuk diketahui, Imlek merupakan hari besar masyarakat Tionghoa yang akan dilaksanakan pada 22 Januari 2023 mendatang. Adapun, simbol tahun baru Imlek 2023 di Vihara Tri Dharma Suci adalah Kelinci Emas.


Baca Berita Menarik Lainnya Di Sini

Bagikan: