Vegetarian Menjadi Trend Gaya Hidup Sehat Milenial

TitikKata.com - Vegetarian Menjadi Trend Gaya Hidup Sehat Milenial
TitikKata.com

Reporter: iqbal | Editor: iqbal

TitikKata.com - Saat ini pola makan vegetarian menjadi pilihan milenial sebagai cara atau bentuk gaya hidup sehat. Prinsipnya seorang vegetarian hanya mengonsumsi makanan yang berasal dari bahan nabati, seperti buah dan sayur-sayuran.


Dilansir dari situs The Vegan Word pada tahun 2022 menunjukkan bahwa Indonesia mendudukin peringkat ke-2 sebagai daerah paling ramah vegan setelah Chiang Mai, Thailand. Tepatnya di Ubud, Bali daerah paling ramah vegan dengan total 28,1 restoran vegan per 100.000 penduduk.

Lebih dari 629.000 orang makan vegan selama bulan Januari 2022, dilansir dari Veganuary, organisasi global yang mendorong orang untuk mencoba vegan. Angka tersebut berasal dari 228 negara dan wilayah hampir seluruh dunia, kecuali Tajikistan dan Korea Utara. Bersama-sama

Dalam survei global 2021 oleh NSF, 88 persen  praktisi industri makanan mengatakan bahwa mereka memperkirakan permintaan akan produk nabati akan meningkat. 74 persen mengatakan mereka mengira konsumen memilih nabati untuk gaya hidup yang lebih sehat dan 60 persen percaya itu lebih ramah lingkungan.

Tren vegetarian ini sangat identik dengan yang namanya sayur-sayuran, buah-buahan dan segala bahan makanan yang berasal dari nabati. Dan menghindari mengonsumsi segala jenis daging atau bahan makanan yang berasal dari hewani. Namun, ternyata ada banyak jenis pola makan vegetarian.

Lacto-vegentarian, jenis ini menjadikan daging hewan dan telur sebagai pantangan tapi tetap boleh mengonsumsi olahan susu. Ovo-vegetarian vegetarian orang dengan jenis vegetarian ini dilarang mengonsumsi daging dan produk susu tetapi memperbolehkan makan telur. Pescatarian, pola ini tidak mengonsumsi daging merah, daging ayam, produk susu dan telur tapi masih memperbolehkan konsumsi makanan laut. Dan yang terakhir, Vegan, jenis vegetarian ini benar-benar tidak mengonsumsi semua produk yang berasal dari hewan, yang diperbolehkan hanya sayur-sayuran saja.

Penerapan gaya hidup vegetarian memiliki segudang manfaat bagi kesehatan seperti menjaga berat badan dan kulit lebih sehat. Selain itu, menurut hasil penelitian American Institute for Cancer Research menunjukkan bahwa seorang vegetarian mampu mengurangi resiko terjangkit kanker perut, usus, pangkreas, payudara, rahin dan ovarium.

Di Tangerang sendiri terdapat restoran vegetarian yang meyajikan makanan-makanan vegan menjadi lebih menarik, salah satunya Tehe Bistro Vegetarian yang bertempat di Pasar Lama, Kota Tangerang. Menu-menu yang ditawarkan di restoran ini mengganti olahan daging menjadi olahan nabati. Contohnya, sate madura yang terbuat dari olahan jamur. Selain itu, restoran tersebut juga tidak menggunakan bawang putih dan merah sebagai rempah-rempahnya. (Kenyu Raida)


Baca Berita Menarik Lainnya Di Sini

Bagikan: