Libur Nataru Diprediksi Dongkrak Lalu Lintas Penerbangan Udara

Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksanan - Libur Nataru Diprediksi Dongkrak Lalu Lintas Penerbangan Udara
Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksanan

Reporter: Cnc | Editor: Tama

TitikKata.com - Pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), memperkirakan adanya kenaikan jumlah penumpang pesawat pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2023. Puncak arus keberangkatan dari Bandara Soetta diperkirakan akan terjadi pada H-2 hari raya Natal atau 23 Desember. 

Sedangkan puncak arus balik ke Bandara Soetta, diperkirakan terjadi pada H+5 Tahun Baru atau 5 Januari 2023. 

"Proyeksi kami, Bandara Soekarno-Hatta akan mengalami jumlah peningkatan keberangkatan penumpang pada periode Nataru yang puncaknya terjadi pada H-2 hari raya Natal atau tanggal 23 Desember mendatang. Untuk arus balik atau kedatangan penumpang, kami prediksi terhadi pada tanggal 5 Janari 2023 mendatang," ungkap Executive General Manager (EGM)  Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana, di Bandara Soekarno-Hatta, Senin (19/12/2022). 

Dia menerangkan dengan telah melandasinya kasus Covid-19 dan tidak adanya pembatasan aktifitas masyarakat pada periode libur Nataru tahun ini, diproyeksikan periode libur Nataru tahun ini akan terjadi peningkatan jumlah penumpang pesawat hingga 12 persen dibanding hari biasanya. 

Menurut Dwi saat ini, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta berkisar di angka 120 ribu hingga 130 ribu penumpang per hari. Dan untuk pergerakan pesawat sebanyak 928 penerbangan.  

"Selama periode nataru ini, puncak pergerakan penumpang diperkirakan mencapai 159 orang dan 1.090 pergerakan pesawat. Secara rata-rata, total kenaikan jumlah penumpang dan pergerakan pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, ini prosentasenya mencapai 12 persen,"  jelasnya.

Dia menerangkan seperti periode Nataru sebelum-sebelumnya, tujuan paforit penerbangan selama periode itu akan didominasi oleh keberangkatan domestik, seperti tujuan Bandara Kualanamu, Bandara Sultan Hasanudin Makassar dan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

"Untuk pergerakan penumpang ini masih didominasi sama penerbangan domestik atau dalam negeri, meskipun ada juga penerbangan internasional. Tujuan favorit kalau keberangkatan dari Bandara Soetta itu umumnya ke Kualanamu (Medan), Makassar sampai ke Denpasar," terang dia.


Baca Berita Menarik Lainnya Di Sini

Bagikan: