Mahasiswa UMT Dilatih Pembuatan Jurnal Ilmiah

Workshop Metedologi Penelitian dan Pengelolaan serta Analisis Data Kualitatif - Mahasiswa UMT Dilatih Pembuatan Jurnal Ilmiah
Workshop Metedologi Penelitian dan Pengelolaan serta Analisis Data Kualitatif

Reporter: Najib | Editor: Tama

TitikKata.com - Fakultas Hukum (FH) Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT), menggelar Workshop Metedologi Penelitian dan Pengelolaan serta Analisis Data Kualitatif, para mahasiswa diharapkan mudah mengimplementasikan karya tulis atau jurnal sebagai pra syarat mendapat gelar sarjana. 

Dekan FH UMT, Dwi Nur Fauziah Ahmad, menerangkan bahwa kegiatan tersebut untuk mengedukasi para mahasiswa untuk membuat jurnal penelitian.

"Worksop ini (diadakan) sebelum ke tahapan mereka melakukan riset atau penelitian. Mereka diberikan pembekalan, agar lebih memahami, lebih tahu terhadap apa yang akan mereka lakukan pada saat mereka penelitian," jelas dia di Grand Ballroom Soll Marina Hotel, Tangerang, Jumat (6/1/2023).

Dia juga menambahkan, bahwa worksop tersebut merupakan worksop yang pertama yang digelar di FH UMT, untuk mempermudah mahasiswa menggunakan teknologi, yakni software NVIVO yang berasal dari luar negeri.

"Workshop kali ini memang agak berbeda dari acara-acara yang sebelumnya, yang biasanya kita hanya pembekalan terkait dengan tugas akhir tapi sekarang ini karena eranya era digital, mahasiswa ini biar melek teknologi, makannya mereka diberikan stimulus untuk mereka mengetahui teknologi sistem NVIVO" sambungnya.

Dilokasi yang sama, Ketua Program Studi (Kaprodi) FH UMT, Amiludin, berharap mahasiswa dan dosen bisa lebih menghasilkan karya tulis yang lebih baik dan bukan sebatas meniru karya tulis orang lain. Agar bisa tercipta sebuah karya tulis penelitan yang baru.

"Harapannya kepada mahasiswa dan dosen bisa menghasilkan artikel yang lebih baik, bukan hanya sekedar copypaste tetapi berbagai macam bentuk penelitian yang lebih baik, sehingga tercipta pembaharuan atau kebaruan dari penelitian yang akan dilakukan," pungkasnya.

Baca Berita Menarik Lainnya Di Sini

Bagikan: