Perdana, Konser Biorama Musik Nusantara di Tangsel Digelar Meriah

Caption: Tridove Musik Nusantara, membawakan lagu daerah di Titan Center, Bintaro - Perdana, Konser Biorama Musik Nusantara di Tangsel Digelar Meriah
Caption: Tridove Musik Nusantara, membawakan lagu daerah di Titan Center, Bintaro

Reporter: Tama | Editor: Tama

TitikKata.com - Pentas musik Biorama Nusantara pertama kali digelar di Kota Tangerang Selatan, kali ini perhelatan musik biorama tersebut, melibatkan puluhan anak-anak dengan alat musiknya masing-masing.

Menariknya puluhan anak-anak  dengan berbagai alat musiknya itu, membawakan sejumlah lagu daerah untuk disuguhkan ke penonton di Titan Center, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Ketua panitia Tridove Musik Simfoni, Dominicius Rayentyas mengatakan, pementasan musik dengan melibatkan banyaknya anak-anak ini merupakan pertunjukan pertama kali yang digelar di wilayah Tangerang Selatan.

"Ada 43 anak-anak yang ikut dalam konser ini. Kita menggelar konser dengan konsep ini untuk memperkenalkan lagu-lagu daerah yang hampir hilang bagi anak-anak sekarang. Lebih ke nasionalis lah dengan mengenalkan lagu daerah," kata dia, Minggu, 27 November 2022.

Menurut Domi, membumikan lagu-lagu daerah di kalangan anak-anak zaman sekarang memang bukanlah persoalan mudah. Apalagi, lanjutnya, menggabungkan satu anak dengan anak yang lain untuk menghadirkan konser yang menarik cukup sulit.

"Cukup sulit, karena memadukan anak yang bermain biola, piano dan lain lain dijadikan satu. Alasan lainnya karena sebagian besar anak-anak saat bermain alat musik senang sendiri. Dari sini kita mencoba untuk berkolaborasi, untuk menghilangkan ego mereka sendiri. Dan akhirnya berhasil," jelasnya.

Domi menjelaskan, suksesnya pertunjukan ini membuat pihaknya semakin percaya diri untuk menggelar konser di tahun depan. Pihaknya pun akan mencoba berkolaborasi dalam pertunjukan tersebut dengan menggandeng pemerintah daerah.

"Dilihat suksesnya pagelaran ini, kedepannya akan berusaha menjalin dengan pihak pemerintah daerah. Karena konser yang pasti kita tunjukan selalu terkait dengan lagu daerah," katanya.

Sementara, artis Ririn Dwi Ariyanti yang mengikutsertakan kedua anaknya dalam konser tersebut sangat senang dengan gelaran tersebut. Dirinya sangat antusias mengikutsertakan kedua putrinya lantaran konsep budaya nusantara yang diambil dalam konser itu.

"Bangga anak saya bisa ikut serta dalam konser ini. Kedua anak saya main piano. Ini sekaligus memperkenalkan nilai-nilai budaya nusantara ke anak saya," kata Ririn.

Ririn menjelaskan, tidak hanya berkreatifitas dalam bermusik, melainkan anak-anaknya jadi bisa mengetahui dan belajar budaya yang ada di Indonesia.

"Ini sangat penting, jadi bisa dapat nilai-nilai budaya nusantara, lebih tepatnya bisa belajar lebih mengetahui budaya Indonesia ke anak-anak zaman sekarang," jelasnya.

Ririn berharap, konser dengan gaya konsep mengangkat budaya nusantara agar lebih banyak lagi digelar di Indonesia. Apalagi, kata Ririn, pemerintah pun dapat ikut campur di dalamnya.

"Perlu banget untuk berkolaborasi dengan pemerintah. Saat ini, banyak anak-anak yang tidak tahu lagi daerah, dari situ pemerintah turun, agar bagaimana memperkenalkan budaya, mulai dari baju daerah, lagu daerah, itu lah yang diperkenalkan ke anak-anak," jelasnya.


Baca Berita Menarik Lainnya Di Sini

Bagikan: