Profil Tangerang Selatan, Lokasi Geografis Dan Keunikannya

sumber: Pemkot Tangsel - Profil Tangerang Selatan, Lokasi Geografis Dan Keunikannya
sumber: Pemkot Tangsel

Reporter: iqbal | Editor: iqbal

TitikKata.com - Kota Tangerang Selatan merupakan daerah otonom yang terbentuk pada akhir tahun 2008 berdasarkan Undang-undang Nomor 51 Tahun 2008 tentang Pembentukan Kota Tangerang Selatan di Provinsi Banten tertanggal 26 November 2008. Pembentukan daerah otonom baru tersebut, merupakan pemekaran dari Kabupaten Tangerang.

Letak Geografis Kota Tangerang Selatan berada di bagian timur Provinsi Banten yang merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Tangerang. Dan secara administratif, wilayah Kota Tangerang Selatan terdiri dari 7 (tujuh) kecamatan dan 54 (lima puluh empat) kelurahan.

Luas Kota Tangerang Selatan berdasarkan Undang-Undang Nomor 51 Tahun 2008 adalah 147,19 km2 atau 14.719 hektar. Pada tahun 2017, Badan Informasi Geospasial (BIG) melakukan pengukuran delineasi atas peta rupa bumi, dihasilkan luas wilayah Kota Tangerang Selatan menjadi 16.485,47 hektar pada koordinat 106º 38’- 106º47’ bujur timur dan 06º 13’30” - 06º 22’00” lintang selatan, yang berbatasan langsung dengan Kota Tangerang di sebelah utara, Provinsi DKI Jakarta di sebelah timur,Kabupaten Bogor dan Depok di sebelah selatan, dan Kabupaten Tangerang di sebelah selatan.

Kecamatan terluas yang ada di Kota Tangerang Selatan adalah Kecamatan Pondok Aren dengan luas 2.979,88 ha atau 18,08%, sedangkan kecamatan dengan luas paling kecil adalah Setu dengan luas 1.675,75 ha atau 10,17%. Wilayah Kota Tangerang Selatan di antaranya dilintasi oleh Kali Angke, Kali Pesanggarahan dan Sungai Cisadane sebagai batas administrasi kota di sebelah barat.

Kota Tangsel juga memiliki banyak potensi objek wisata diantaranya :

1.    Ocean Park BSD
Ocean Park adalah salah satu taman air yang terkenal di daerah Tangerang Selatan. Lokasinya terletak di CBD Area, Jalan Pahlawan Seribu, Lengkong Gudang, Tangerang Selatan, Banten. Tempat ini buka setiap hari kecuali hari Jumat. Untuk hari Senin-Kamis, Ocean Park buka dari pukul 11.00-16.00 WIB, sementara pada hari Sabtu-Minggu, tempat ini buka dari pukul 09.00-16.00 WIB.

2.    Taman Kota 1 BSD
Taman Kota 1 BSD terletak di Jalan Letnan Sutopo, Lengkong Gudang Timur, Tangerang Selatan, Banten. Di tempat ini tersedia wahana bermain anak sehingga cocok menjadi destinasi wisata keluarga.

3.    Kandank Jurank Creative Park
Kandank Jurank Creative Park yang terletak di Kompleks Alvita Blok Q No. 14, Sawah Baru, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Di tempat ini tersedia berbagai hal yang dapat mengasah minat dan bakat, seperti kelas seni dan kelas vokal. Selain itu, tersedia pula area bermain anak dan juga lapangan bola yang dapat digunakan untuk bermain bola. Kandank Jurank tak hanya bisa menjadi pilihan tempat wisata Tangerang Selatan dan sekitarnya bagi keluarga, tapi juga bagi pengunjung yang ingin mengembangkan minat dan bakat.

4.    Taman Edukasi Ganespa
Taman Edukasi Ganespa berada di Jalan Pamulang Permai Barat 1, Pamulang Barat, Tangerang Selatan, Banten. Tempat ini buka pukul 14.00-21.00 WIB untuk Senin-Jumat dan 07.00-21.00 WIB untuk Sabtu-Minggu. Di Taman Edukasi Ganespa tersedia berbagai macam kegiatan edukatif dan wisata air yang dapat dijajal, sehingga tempat ini cocok jadi pilihan wisata keluarga.

Baca Berita Menarik Lainnya Di Sini

Bagikan: