Jagung Rutin Naik Diakhir Tahun, Bawang-bawangan Malah Turun

Aktivitas niaga di pasar Induk Tanah Tinggi, Kota Tangerang - Jagung Rutin Naik Diakhir Tahun, Bawang-bawangan Malah Turun
Aktivitas niaga di pasar Induk Tanah Tinggi, Kota Tangerang

Reporter: Najib | Editor: Tama

TitikKata.com - Barang kebutuhan pokok di pasar Induk Tanah Tinggi (PITT) Kota Tangerang, pada H-5 hari raya Natal 2022 terus mengalami kenaikan harga. Diperkirakan kenaikan harga-harga pada komoditas hasil pertanian ini akan terus merangkak hingga pergantian tahun 2023.  

Berdasarkan pantauan TitikKata.com, di PITT, Kota Tangerang, kenaikan harga komoditas pertanian terjadi pada produk pangan seperti jagung dan cabai. Dengan kenaikan antara Rp2000-3000 per kilogram.

Menurut penuturan Heri, pedagang cabai di PITT  kenaikan harga cabai di lapak usahanya sudah terjadi sejak awal Desember atau dua minggu lalu. 

“Yang ada kenaikan sih jagung mas kalo mau tahun baru gini, kalo cabai sih lagi ada kenaikan mas sebulan kebelakangan ini dari 35.000 ke 38.000(per kilo),”ujar Heri ditemui TitikKata.com, Selasa (20/12/2022).

Meski kenaikan harga-harga menjadi hal yang lumrah di periode Natal dan Tahun Baru, beberapa komoditas seperti bawang merah dan bawang putih justru mengalami penurunan harga.

“Sekarang bawang-bawangan mulai turun harga menjadi Rp20 ribu per kilo, tadinya sempat 26 ribu, 24 ribu dan terahkir 22 ribu. Itupun ngambil untung cuma 2000,” terang dia.

Terpisah, manager operasional pengelola PITT, Situmeang, menyampaikan sejauh ini harga-harga komoditas yang ada di PITT, baik itu buah-buahan ataupun sayuran masih belum ada lonjakan harga hingga H-5 Natal. 

“Sampai tadi malam masih stabil, masih stabil (harga-harganya),” pungkasnya.


Baca Berita Menarik Lainnya Di Sini

Bagikan: