KKP Bandara Soetta Ketatkan Pemeriksaan Penumpang Tiba Dari Luar Negeri

Penerapan protokol kesehatan di pusat belanja @ Mimi - KKP Bandara Soetta Ketatkan Pemeriksaan Penumpang Tiba Dari Luar Negeri
Penerapan protokol kesehatan di pusat belanja @ Mimi

Reporter: Cnc | Editor: Tama

TitikKata.com - Kantor kesehatan pelabuhan (KKP) Kelas I Soekarno Hatta, kembali mengetatkan protokol kesehatan pada pergerakan penumpang pesawat, terutama pada penerbangan internasional dalam upaya mengantisipasi meluasnya varian BF.7 Covid-19. Walau saat ini secara resmi PPKM telah dicabut.

"Sebenarnya Bandara Soekarno-Hatta sudah mencermati peningkatan kasus Covid-19 varian BF.7 baik itu China, Belgia, Amerika Serikat dan Jepang," terang Kepala KKP Kelas I Soekarno-Hatta, Naning Nugrahini, dikonfirmasi Sabtu (31/12/2022).

Diterangkan Naning, pengetatan protokol kesehatan (prokes) akan diperkuat bagi seluruh penumpang Bandara. Meski PPKM telah resmi dicabut, pihaknya tidak dapat memastikan jika kedatangan orang dari Luar Negeri, aman dari ancaman virus tersebut. 

"Kita tidak bisa membatasi akses orang, meski kita status vaksinasinya juga tinggi, nah status vaksinasi tinggi untuk orang Indonesia, belum tentu juga orang luar negeri tinggi status vaksinasinya," terang dia.

Dia menegaskan, pengetatan yang akan diberlakukan ialah dengan melakukan scanning setiap penumpang datang/turun di Bandara Soetta dengan peralatan yang ada. 

"Setelah lolos dari scan nanti akan ada petugas melakukan pengecekan dari fisik, untuk melihat tanda tanda-adanya gejala," jelas Naning.

Selanjutnya, jika penumpang itu diketahui memiliki gejala, KKP Kelas I Soekarno-Hatta, akan membawa ke pos kesehatan untuk pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter jaga.

"Selanjutnya, jika itu ada tanda tanda yang mengarah ke positif maka dilakukan tes swab," jelasnya.

Pihaknya mengaku juga telah menerbitkan surat ke seluruh maskapai dan otoritas bandara tentang pengetatan prokes agar ditaati dan dipatuhi.


Baca Berita Menarik Lainnya Di Sini

Bagikan: