Komisi VI DPR RI, Apresiasi Raihan Kredit Perumahan Rakyat Oleh PT Bank BTN

Sumber DPR RI, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung di Kantor Bank BTN Bali - Komisi VI DPR RI, Apresiasi Raihan Kredit Perumahan Rakyat Oleh PT Bank BTN
Sumber DPR RI, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung di Kantor Bank BTN Bali

Reporter: Tama | Editor: Tama

TitikKata.com - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menjadi salah satu kontributor utama dalam program perumahan nasional. Tercatat, realisasi BTN untuk KPR subsidi meliputi 74.692 unit rumah dengan pembiayaan Rp10,8 triliun, sedangkan KPR non subsidi meliput 18.422 unit rumah dengan pembiayaan Rp6 triliun. 

 

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung, mengapresiasi kinerja gemilang PT BTN atas pencapaiannya tersebut. Dia menekankan program unggulan BTN tersebut untuk bisa tetap dipertahankan pada tahun-tahun mendatang.

 

"Kami juga menyoroti dan juga mengapresiasi bagaimana BTN bisa memperkuat performanya sebagai karakteristik BTN, terutama di sektor properti dan perumahan rakyat. BTN juga bisa terus memperluas kapasitas pembiayaannya terkait dengan perumahan rakyat ini tanpa tergantung sepenuhnya dari pembiayaan subsidi saja," tutur Martin.

 

Di sisi lain, Politisi Fraksi Nasional Demokrat (F-NasDem) berharap turut terjun untuk memperkuat diri di sektor UMKM. Menurutnya, potensi ini perlu digarap demi mencegah dampak krisis global yang diramalkan akan terjadi pada tahun 2023.

 

Diketahui, dalam empat terakhir, BTN telah berkontribusi menyalurkan kredit UMKM sebesar Rp10 triliun. Selain itu, penyaluran KUR dari BTN dengan skema subsidi bunga sebesar Rp513,4 miliar kepada 2.651 debitur. 

 

"Ini adalah gagasan menarik di mana BTN perlu bisa meningkatkan perannya di sektor UMKM. BTN harus memberikan support kepada nasabah nasabahnya yang umumnya memang pelaku UMKM," tandas Martin.


Baca Berita Menarik Lainnya Di Sini

Bagikan: