Pohon Rawan Tumbang Jadi Perhatian Pemkot Tangerang Hadapi Cuaca Esktreme

Pohon besar di Kota Tangerang @ Najib - Pohon Rawan Tumbang Jadi Perhatian Pemkot Tangerang Hadapi Cuaca Esktreme
Pohon besar di Kota Tangerang @ Najib

Reporter: Najib | Editor: Tama

TitikKata.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang, telah melakukan pemangkasan pohon rawan tumbang dan pengganggu  estetika perkotaan yang ada di sejumlah titik di Kota Tangerang. Pemangkasan itu sekaligus upaya antisipatif dalam menghadapi cuaca ekstrem di Kota Tangerang. 

Kepala Disbudpar, Rizal Ridolloh, menegaskan bahwa penebangan pohon sudah terjadi sejak bulan November 2022 dengan pemangkasan pohon-pohon rawan tumbang di 50 titik di wilayah Kota Tangerang, yang dilakukan berdasarkan tim survey interna dan permintaan dari masyarakat.

“Penebangan pohon sekarang ini sudah di beberapa titik mulai dari November kemarin kita sudah ada kurang lebih 50 titik, dan itu belum semuanya. Sebab kita sesuai permintaan dari masyarakat dan mengantisipasi dari yang memang kita ada tim survey yang kita lakukan,”terang Rizal, Kamis (29/12/2022).

Sementara, pihaknya telah menyiapkan 75 personil yang terdiri dari 15 orang tim tebang dan 60 orang tim Brigade lengkap beserta peralatannya.

“Terkait cuaca extreme, kita menyiapkan beberapa personil kurang lebih kita persiapkan 15 dari tim tebang dan 60 dari brigade. Kami juga menyiapkan beberapa 4 mobil skyline, ada peralatan-peralatan seperti mesin potong dan kampak juga kita persiapkan," ujar dia.

Selain itu, menurutnya kriteria pohon yang menjadi sasaran Disbudpar untuk ditebang merupakan pohon-pohon yang sudah berumur tua dan mengganggu estetika perkotaan di Kota Tangerang.

Selain itu, kriteria pohon yang menjadi sasaran Disbudpar untuk di tebang merupakan pohon-pohon yang sudah berumur tua dan mengganggu estetika perkotaan di Kota Tangerang.

“Yang pertama, yang sudah tua jelas yang kedua juga pohon-pohon yang menghalangi estetika seperti menghalangi PJU gitu yaa, trus menghalangi apa namanya, gapura dan lain-lain, itu coba kita pangkas kalau seperti itu, kalau dibutuhkan kita potong kita potong,” pungkasnya.

Baca Berita Menarik Lainnya Di Sini

Bagikan: