Ratusan Ibu Ikuti Senam Sehat Cegah Osteoporosis

Ratusan Ibu-ibu ikuti senam cegah Osteoporosis di Lapangan Banteng, Jakarta - Ratusan Ibu Ikuti Senam Sehat Cegah Osteoporosis
Ratusan Ibu-ibu ikuti senam cegah Osteoporosis di Lapangan Banteng, Jakarta

Reporter: Asri | Editor: Tama

TitikKata.com Perhimpunan Saudagar Muslimah Indonesia (Persami) bersama Perwatusi ( Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia) menggelar Senam Pencegahan Osteoporosis, yang dikuti ratusan ibu-ibu di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (18/12/2022). Kegiatan ini sekaligus memperingati Hari Ibu pada 22 Desember mendatang.

Ketua Umum Persami Siti Nur Azizah, menerangkan kegiatan senam pencegahan Osteoporosis dilakukan karena persoalan kesehatan tulang yang selama ini dianggap kurang mendapat banyak perhatian, padahal persoalan tersebut merupakan persoalan yang cukup serius. 

Dari data Internasional Osteoporosis Foundation diketahui satu dari empat perempuan Indonesia berpotens mengidap masalah tulang, Osteoporosis merupakan salah satu penyakit degeneratif yang terjadi saat kualitas kepadatan massa tulang menurun akibat tubuh tidak mampu lagi mengatur kandungan mineral didalamnya. 

“Dampaknya tulang menjadi rusak, sehingga kekuatannya mengalami penurunan dan menjadi keropos bahkan retak. Persami memberikan perhatian yang serius terhadap masalah tersebut, sehingga membuat kegiatan olah raga pada hari ini. Olah raga adalah salah satu cara kita merayakan hari ibu. Secara simbolis Persami ingin mengatakan bahwa ibu-ibu di Indonesia sebagai salah satu pilar pembangunan harus selalu sehat fisik dan mentalnya, " terang Siti Nur Azizah. 

Menurut Azizah tulang yang sehat menjadi tolok ukur tingkat kesejahteraan suatu bangsa. Bila masih tinggi angka osteoporosis nya, maka masih rendah kesejahteraannya. 

“Membiarkan ibu-ibu terpuruk dalam kemiskinan dan ketidakberdayaan dengan menghambat kemajuannya adalah salah satu tekanan sosial menuju tingginya resiko osteoporosis,” tegas dia.

Dia berharap dengan pemberdayaan kaum ibu dan membuat kegiatan yang menyehatkan bagi ibu-ibu dapat ikut mendorong ekonomi dan daya juang kaum ibu.

“Salah satunya dengan menjadi anggota Persami untuk menggerakkan ekonomi halal di Indonesia, "terangnya.

Dalam acara tersebut selain dihadiri ratusan Ibu-Ibu dari wilayah Jabotabek juga dihadiri langsung oleh Ketua Dewan Pembina Persami, Wury Ma'ruf Amin yang juga Istri dari Wakil Presiden Bapak KH Ma'ruf Amin. Di lokasi juga digelar kegiatan bazaar sembako murah dan puluhan stand UKM binaan dari Persami.

Baca Berita Menarik Lainnya Di Sini

Bagikan: